Solusi Tidur Bayi

Bayi yang mengalami sulit tidur terkadang membuat khawatir Anda sebagai orang tuanya. Apalagi ketika saat istirahat tiba, bayi Anda justru masih terlihat aktif. Berikut ini adalah beberapa tips agar bayi Anda bisa tertidur lelap

>> Tutup tirai dan redupkan lampu.

Bayi tidur lebih baik di kamar sejuk dan gelap, terhindar dari aktivitas harian yang mengganggu.

>> Nyalakan bunyi halus.

Dr. Harvey Karp, konsultan Parents sekaligus penulis The Happiest Baby on The Block (versi buku dan DVD) menyarankan agar Anda menyalakan bunyi-bunyian yang mengundang kantuk –kipas angin, penyaring udara, dan lebih bagus lagi CD yang menyuarakan degup dalam rahim. Senandung ini akan menenangkan bayi dan menyaring suara-suara dari luar.

>> Hindari kafein.

Jika Anda menyusui, hindari minuman yang mengandung kafein.

>> Manfaatkan musik.

Buatlah kompilasi musik pengantar tidur yang disukai si kecil. Beth Halper, seorang ibu dari Los Angeles, menidurkan bayinya yang berusia 10 bulan dengan Both Sides Now dari Joni Mitchell. “Begitu musik diputar, dia mulai menguap,” kata Halper.

Jika Ingin bayi Anda tidur lebih lama, di siang maupun malam hari? Cobalah dibedong dengan selimut. Bedong mencegah bayi terkejut lalu terbangun akibat gerakannya sendiri. Para ahli berspekulasi bahwa ini juga membuat bayi menjadi rileks karena merasa nyaman seperti masih di dalam rahim. Ada beberapa jenis selimut bedong yang dijual di pasaran. Misalnya yang dilengkapi tali Velcro atau alat lain yang bisa mengeratkan bedong. Selimut biasa yang ringan juga tetap bisa digunakan.

1. Bentangkan selimut, miringkan sehingga membentuk wajik, lalu lipat ujung teratas ke dalam untuk tempat kepala bayi Anda.

2. Letakkan bayi di atas selimut. Angkat satu tangannya, lalu bungkus sudut di bagian tangan ke dalam. Kemudian masukkan tangannya, rapatkan ke tubuhnya.

3.  Ulangi untuk tangan yang satu lagi. Sembunyikan ujung selimut di belakang leher.

Anda tak perlu lagi membedong bayi setelah berusia 3 bulan. Pada saat itu, dia sudah lebih aktif dan sudah bisa mengontrol tungkai maupun lengannya. Bedong yang erat malah akan mengganggunya.

« Previous article

Related Articles