Cara Melatih Indera Pendengaran Dan Penglihatan Bayi

Indera pendengaran bayi akan berkembang setelah ia lahir. Sementara indera penglihatan mereka akan matang dalam beberapa bulan. Bagaimana cara melatih kedua indera tersebut? Ikuti petunjuk dari kami

Pendengaran

Pendengaran bayi mulai berkembang saat ia masih berada di rahim. Jadi, bayi akan mengenal suara orang tuanya begitu ia lahir. Bayi akan terkejut jika mendengar hantaman pintu yang keras karena pendengaran mereka sensitif terhadap perubahan suara. Saat ia tidur jangan terkejut jika ia bangun sebentar karena mendengar suara-suara aneh. Pada awalnya, bayi akan mudah terganggu dengan suara tapi secara perlahan ia akan fokus pada perkataan dan akan mencoba meniru suara yang didengarnnya dengan cara mengoceh. Saat usia 6 bulan, bayi akan mulai memperhatikan suara yang Anda buat.

Cara melatih: Banyaklah bicara dengan anak Anda untuk mengembangkan kemampuan bicaranya. Coba nyanyikan kata-kata yang ingin disampaikan supaya anak Anda terbisa dengan intonasi dan pola bicara. Untuk bayi yang punya masalah dengan tidur, coba nyalakan musik yang menenangkan seperti suara musik klasik atau suara ombak. Bayi yang terbangun dari tidurnya lebih karena ia merasa tidak tenang. Suara yang tenang membuatnya merasa nyaman.

Penglihatan 

Bayi baru lahir baru bisa melihat warna yang kontras seperti hitam dan putih. Mereka baru bisa melihat objek dengan jelas dengan jarak sekitar 30 cm. Itulah jarak pandang antara ibu dan anak pada saat menyusui. Saat usaianya beranjak 6 minggu penglihatan anak Anda sudah mulai berkembang dimana ia bisa melihat objek dengan jelas dari jarak 40 sampai 60 cm karena otot matanya sudah mulai kuat. Ia juga bisa memegang jari Anda jika menaruhnya di depan wajahnya. Saat usia 4 bulan ia mulai mengenal warna. Pandangannya akan lebih banyak tertuju pada warna merah. Saat mulai merangkak antara usia 8 sampai 12 bulan, ia sudah bisa melihat jarak dan berjalan ke arah objek yang ia suka.

Cara melatih:  Cobalah cat rumah Anda dengan warna yang terang. Ubah posisi menyusui dan berikan ia ASI dengan kedua payudara Anda. Hal ini untuk melatihnya melihat dari dua sudut yang berbeda. Cobalah bermain ‘ciluk ba’ saat usianya 4 bulan untuk membantu koordinasi antara tangan dan mata.

« Previous article

Related Articles