Posisi Tidur Aman Saat Hamil

Posisi tidur yang tepat saat hamil bisa membuat Anda tidur nyenyak sepanjang malam. Namun banyak perempuan hamil yang masih bingung menentukan posisi tidur yang tepat untuk mereka. Perut yang semakin membesar kadang membuat mereka tidak nyaman dan sulit bernapas. Kami punya referensi posisi tidur yang nyenyak saat hamil untuk Anda.

Tidur menyamping ke kiri: Kebanyakan ahli kandungan sepakat tidur menyamping ke kiri adalah posisi tidur terbaik selama kehamilan. Posisi ini bisa meningkatkan aliran darah ke janin. Selain itu, tidur menyamping ke kiri memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan racun dari tubuh dengan cepat.

Tidur berbaring: Tidur berbaring merupakan pilihan yang aman selama trimester pertama kehamilan. Namun saat perut Anda membesar terlentang bukan lagi posisi yang nyaman. Tidur terlentang bisa memberikan tekanan lebih pada tulang punggung dan menyebabkan sakit punggung. Pada trimester ketiga kehamilan, bayi mungkin bergerak ke atas dan menekan diafragma. Ini dapat membuat sulit bernafas. Hindari tidur terlentang di trimester akhir kehamilan terutama jika Anda memiliki masalah pernapasan atau asma.

Perlu diingat:Sebaiknya Anda tidak mencoba tidur tengkurap selama hamil terutama pada trimester pertama. Pada trimester ini rahim masih dilindungi oleh tulang belakang dan tulang panggul Sehingga janin bisa mendapat tekanan berlebih saat Anda tidur tengkurap. Dengan semakin membesarnya perut tidur tengkurap sepertinya tidak mungkin lagi dilakukan.

« Previous article

Related Articles