Nyeri Punggung Saat Hamil

Apa Itu Nyeri Punggung?

Jika Anda merasakan nyeri di bagian atas atau bawah punggung saat hamil, tenang Anda tidak sendiri. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), nyeri punggung adalah gejala paling umum yang dirasakan semua perempuan hamil. “selama enam bulan dalam dua kali kehamilan, saya selalu merasakan sakit punggung yang hebat,” pengakuan Mary Mait, seorang ibu umah tangga yang tinggal di Livingston, New jersey. “Saya sampai tak bisa tidur atau menyetir. Tapi semua rasa sakit itu akan hilang setelah melahirkan,” lanjutnya.

Penyebab Nyeri Punggung

Rahim Anda akan membesar 1000 kali saat hamil. Tentunya hal tersebut diiring penambahan berat si janin dan menyebabkan tubuh Anda hilang keseimbangan. Karena postur dan beban tersebut maka punggung akan menyesuaikan diri dan terasa nyeri. “Otot perut Anda juga mengalami penyesuaian. Otot di sekitar perut dan punggung akan mendapatkan beban paling banyak selama kehamilan,” kata Dr Trupin. “Ditambah lagi hormon kehamilan menyebabkan otot ligament di tubuh akan longgoar dan menyebabkan sedikit ayunan di bagian punggung,” lanjutnya.

Apa yang harus dilakukan?

Kompres bagian punggung yang terasa sakit dengan air hangat untuk meregangkan otot bagian belakang. Jagalah kenaikan berat badan Anda selama hamil. Disarankan berat badan naik antara 11 sampai 20 kilogram.

Jangan pakai hak tinggi atau sepatu terlalu datar selama hamil. Pakailah sepatu yang nyaman dan cocok dengan aktivitas Anda. “Juga jangan pakai sandal jepit karena pengaruhnya sangat buruk melebihi hak tinggi,” kata Dr Trupin.

Tip Tambahan mengatasi nyeri punggung

Untuk mencegah nyeri punggung, mintalah orang lain mengangkat barang yang berat. Jika terpaksa mengangkat barang yang agak berat usahkan tubuh Anda dalam posisi yang tepat. Caranya: Berlutut dan usahakan punggung dalam keadaan tegak. Kemudian angkat barang dengan tangan.

Saat duduk, ganjal bagian belakang tubuh menggunakan bantal. Pakailah bantal yang besar untuk menopang seluruh bagian punggung. Jika tidak angkatlah kaki dan topang menggunakan barang yang ada depan Anda.

Tip lain, tidurlah dalam keadaan miring dan taruh bantal diantara kaki anda.

« Previous article

Related Articles