Manfaat Olahraga Saat hamil

Hamil bukan berarti Anda tidak bisa melakukan orahraga. Segera bangkit dari tempat tidur dan rasakan efek positif olahraga saat hamil.

Olahraga saat hamil dapat mengurangi keluhan kehamilan. Olahraga mencegah konstipasi, varises, kram, dan bengkak pada kaki. Aktivitas fisik juga mencegah sakit punggung dengan cara memperkuat otot yang menopang tulang punggung.

Kehamilan kerap membuat wanita merasa kurang enerjik tapi justru olahraga teratur memberi Anda energi ekstra. Sistem kardiovaskuler yang lebih kuat membuat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa kendala berarti sehingga Anda punya cadangan energi untuk kegiatan berikutnya.

Olahraga teratur membantu Anda tidur lebih nyenyak. Keluhan tidur kerap dialami perempuan hamil saat memasuki trimester ketiga. American Pregnancy Association menyarankan Anda untuk beraktivitas fisik beberapa jam sebelum tidur untuk membuang kelebihan energi.

Olahraga terbukti membangkitkan mood, mengurangi mood swing, memperbaiki citra diri, dan membuat Anda merasa punya kendali.

Olahraga menyiapkan Anda menghadapi kelahiran. Beberapa studi menyatakan bahwa ibu hamil yang rajin berolahraga akan menjalani proses kelahiran dengan cepat, intervensi medis lebih sedikit, dan tidak terlalu kelelahan saat persalinan. Tubuh tidak mengurangi rasa sakit tapi memberi Anda stamina yang cukup hingga bayi mungil Anda lahir.

Olahraga menjaga berat badan. Kebanyakan ahli setuju bahwa kenaikan berat badan berlebihan saat hamil akan menyulitkan ibu mengembalikan berat badannya setelah melahirkan. Dengan menjaga kebugaran selama hamil, kemungkinan kelebihan berat badan dapat ditekan.

« Previous article

Related Articles