Perubahan Fisik Selama Masa Kehamilan

Semua perempuan hamil akan mengalami perubahan fisik. Yang paling mencolok tentu saja di bagian perut yang makin membesar. Seiring bertambahnya usia kehamilan, tubuh perempan hamil juga akan semakin melebar. Tapi ada beberapa perubahan fisik yang tidak kasat mata.

Inilah beberapa perubahan fisik pada perempuan hamil:

Payudara dan puting. Saat kehamilan berlangsung, payudara akan membesar, begitu pula dengan puting terutama di bagian areola (lingkaran sekitar puting susu). Areola akan tumbuh membulat dan semakin gelap. Puting mungkin akan menonjol dan berwarna lebih gelap. Seperti halnya dengan pembesaran perut, pasangan Anda tidak perlu merasa canggung dengan adanya perubahan ini.

Stretch mark. Guratan putih di bagian perut atau stretch mark saat hamil adalah hal yang biasa. Tidak hanya di perut stretch mark juga bisa terjadi di bagian paha dan payurdara. Strech mark terjadi karena perut mengembang terlalu cepat bagi kulit. Setelah melahirkan stretch mark ini biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Bau vagina. Selama kehamilan, vagina memproduksi tambahan bakteri “baik” yang disebut lactobacillus. Bakteri ini membantu melindungi bayi dari berbagai jenis kuman berbahaya. Lactobacillus akan membuat vagina lebih asam, sehingga mengubah baunya. Hal ini adalah biasa dan pasangan Anda tidak perlu khawatir.

« Previous article

Related Articles