Seputar Alergi (4)

Hingga kini, American Academy of Pedriatics (AAP) merekomendasikan penundaan pemberian telur hingga usia 2 tahun dan pemberian kacang tanah, kacang pohon, dan ikan sebaiknya ditunda hingga anak berusia 3 tahun. AAP juga menyarankan wanita hamil dan menyusui agar menghindari konsumsi kacang tanah. Namun, meskipun banyak keluarga yang sudah mengikuti anjuran tersebut, angka alergi makanan terus meningkat. Bahkan beberapa studi menyatakan bahwa menghindari makanan tertentu justru bisa berakibat pada alergi makanan.

Ketika AAP mengkaji ulang seluruh studi yang pernah dilakukan, lembaga itu memutuskan bahwa tidak ada bukti kuat untuk meneruskan rekomendasi penundaan pemberian makanan tertentu. Penelitian baru menyarankan penundaan setidaknya 4-6 bulan sebelum orang tua memberi makanan padat kepada bayi, tapi penelitian lain menyarankan penundaan beberapa tahun dalam pemberian alergen seperti telur, kacang tanah, dan kacang pohon. (Jika anak Anda sudah didiagnosa menderita alergi salah satu makanan, dokter menyarankan Anda menghindari pemberian makanan tambahan.)

Sebuah studi baru juga menyatakan, tidak ada bukti kuat bahwa wanita hamil dan menyusui harus menghindari konsumsi kacang tanah untuk menghindarkan anak dari alergi. Namun para ibu sebaiknya mengindari kacang tanah selama hamil dan menyusui jika mereka punya riwayat alergi makanan yang kuat.

Beberapa langkah yang direkomendasikan dokter untuk mengurangi risiko alergi pada anak:

Beri ASI. Pemberian ASI eksklusif minimal 4 bulan dipercaya bisa memperkuat sistem imunitas bayi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemberian ASI mengurangi risiko eksim, alergi susu sapi, dan kesulitan bernapas pada anak usia dini.

Hati-hati memilih susu formula. Jika Anda punya riwayat alergi dan tidak memberi ASI eksklusif, penggunaan susu formula hydrolyzed yang mengandung enzim pengubah protein susu, bisa menekan risiko eksim dan alergi makanan. Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa susu kedelai bisa mencegah alergi.

Jangan terburu-buru mengenalkan makanan padat. Tunggu hingga bayi Anda berusia 4-6 bulan sebelum Anda memberikan makanan padat, termasuk sereal. Setelah itu, Anda tidak perlu menghindari jenis makanan apapun (selain susu sapi dan madu hingga bayi berusia 12 bulan, yang juga bisa mengakibatkan tersedak)

Bersosialiasi. Biarkan anak berada di antara anak-anak lain–dan berbagi kuman–karena hal itu baik bagi penyesuaian sistem kekebalan tubuh anak dan membantu melindungi si kecil dari berbagai macam alergi.

Hati-hati dengan losion dan pelembab. Hindari penggunaan losion atau pelembab yang mengandung susu, minyak almon, atau minyak kacang-kacangan (biasa disebut minyak arachis) untuk bayi, karena bisa memicu reaksi alergi.

 

« Previous article

Related Articles